Oleh: wibi4linux | Maret 9, 2009

Sumber Memperoleh Bantuan Ubuntu

ubuntu-logo-2Mengetahui sumber-sumber untuk memperoleh bantuan jika mengalami kesulitan atau masalah pada Ubuntu

Sebelum mengetahui sumber-sumber yang bisa didapatkan untuk mengatasi masalah pada Ubuntu  perlu diketahui terlebih dahulu perkembangan sebuah distro ubuntu sebelum mencapai final release yaitu

Pertama kali yang dikeluarkan disebut dengan istilah debian import freeze dimana setiap paket diimport dari versi unstable debian. Tahap berikutnya disebut feature freeze, pada tahap ini tidak ada lagi paket baru yang ditambahkan pada repository dan developer lebih fokus pada masalah perbaikan bug.

Tahap berikutnya disebut user interface freeze dimana pada tahap ini fungsi dan tampilan dari GUI diuji dan pada program mana saja yang mengalami freeze.

Tahap berikutnya disebut beta freeze, pada tahap ini difokuskan meminimalisasi masalah yang berkaitan dengan masalah dependency.

Tahap berikutnya disebut tahap beta release, pada tahap ini distro sudah mulai disebarkan untuk di test pada dunia nyata.

Tahap berikutnya disebut document string freeze, pada tahap ini dokumentasi tidak lagi berubah, dan biasanya mulai fokus pada translattions.

Tahap berikutnya adalah non language translation freeze, yang lebih memfokuskan pada GUI yang berkaitan dengan menu dan icon.

Tahap berikutnya yaitu kernel freeze, yaitu update final dari kernel.

Tahap berikutnya yaitu release candidate, yaitu tahap pengujian kualitas. Dan tahap terakhir yaitu final release. Didalam distribusinya distro pada tahapan tersebut diberi kode atau sebutan seperti alfa, beta, RC1, RC2, dan Final release.

Distro yang anda miliki berada ditahap mana ? jika berada pada tahap RC kebawah sebaiknya menunggu relase berikutnya, namun jika terdapat beberapa masalah setelah RC maka beberapa hal yang bisa anda lakukan adalah

Sering-seringlah membuka web http://fridge.ubuntu.com yang merupakan komunitas yang sering membahas mengenai berita terbaru tentang Ubuntu, kegiatan, project report, dan sebagainya.

Cara lain yaitu menggunakan Ubuntu Tacker yaitu Bugsy Malone yang telah disediakan di dalam paket Ubuntu, perintahnya yaitu #ubuntu -bug -(nama program) atau menggunakan bug buddy perintahnya #sudo bug-buddy -packagename=(nama paket).

Kategori bug di Ubuntu yaitu :

The Application Does Not Function Correctly (paling mungkin terjadi karena adanya aplikasi yang hang atau tidak berfungsi seperti yang diharapkan)

The Documentation Is Wrong (dokumentasi tidak up to date atau belum tersedia)

The Translation Is Wrong (biasanya terjadi pada GUI non English)

Request A Missing Feature (terjadi perubahan yang tidak bisa di adaptasi sistem)

Debug A Crashed Or Running Application (pada kategori ini kita membutuhkan aplikasi khusus yang menangani crash atau core dump)

Untuk memperoleh bantuan jika mengalami kesulitan yaitu

>> Mailing list silahkan buka https://list.ubuntu.com/

>> IRC chat Room silahkan buka https://wiki.ubuntu.com/IrcGuidelines

>> Message Board silahkan buka http://ubuntuforums.org/register.php disini anda harus mendaftar terlebih dahulu sebelum memposting kesulitan yang anda alami.

Anda dapat juga mendapatkan bantuan dari profesional Ubuntu di www.canonical.com/services/support dengan biaya yang relatif terjangkau.

Sedangkan untuk pengguna di Indonesia anda bisa menghubungi :

www.linux.or.id

www.linux.web.id

atau situs-situs lainnya

Untuk wilayah Nusa Tenggara Barat silahkan kemukakan kesulitan anda di http://groups.google.com/group/kpli-ntb?hl=en

www.ntb.linux.or.id (ntb dapat anda ganti menjadi kota anda dengan catatan di kota anda telah ada pengurus KPLI).

Atau jika anda membutuhkan bantuan langsung maka dapat menghubungi Kelompok Studi Linux (KSL) STMIK Bumigora atau membuat janji bertemu di : http://groups.google.com/group/kpli-ntb?hl=en, anggota KPLI NTB terdekat dengan anda akan berusaha membantu anda secara gratis yang disesuaikan dengan waktu dan kemampuan anggota kami (tapi kalau mau membayar boleh juga..hehehehehe)

Mari bergabung dengan gerakan Indonesia Goes Open Source.

Bersambung ke cara menginstall Ubuntu

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: